Cara Jitu Nelson Lepaskan Gorontalo dari Kemiskinan

TATIYE.ID (KABGOR) – Setiap kepala daerah, tentunya punya cara tersendiri untuk menuntaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakatnya.

Sama halnya dengan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Sedikitnya ada tiga cara jitu Nelson untuk menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Gorontalo.

Hal tersebut diungkapkan Nelson saat membuka sosialisasi program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pangan Produk Unggulan Daerah (PPUD), di ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo, Selasa (26/4/2022).

Pertama, melihat potensi yang cukup besar dibidang perikanan membuat Bupati Gorontalo 2 periode itu berpikir untuk melakukan ekspor/impor.

“Gorontalo ini memiliki ikan khas yang dinamakan dengan ikan nike, itu bisa jadi acuan di ekspor serta impor, tapi dibuat dulu dalam bentuk pengolahan, dikemas dengan baik,” ungkap Nelson.

Nelson menambahkan, bahwa Kabupaten Gorontalo harus berbeda dengan daerah yang lain.

“Menurut saya kita harus ada yang berbeda dari daerah yang lain, kalau untuk perikanan kita di Kabupaten Gorontalo ada danau, kemudian ada juga laut, kita juga mempunyai lahan yang luas. Opsi pertama itu pengelolaan jagung, yang harus didorong bukan dalam bentuk biji, akan tetapi dalam bentuk olahan,” lanjut Nelson.

Terkahir, Nelson juga menyentil potensi kelapa lokasi yang melimpah. Namun sayangnya kelapa lokal ini belum terkelola dengan baik melalui UMKM.

“Kebetulan juga saya selaku Ketua KOPEK (Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa) Indonesia. Saya sering pergi ke minimarket, sering menemui olahan-olahan dari kelapa, seperti  santan untuk masak, minuman dari bahan air kelapa. Apalagi pada saat ini minyak kelapa kita masih terbilang sangat mahal, ini (kesempatan) yang sebenarnya kita pergunakan dengan baik,” tutupnya.

Exit mobile version