Bupati Thariq Modanggu Sambut Dandim 1314 Gorut dengan Adat Moloopu

TATIYE.ID (GORUT) – Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menyambut Komandan Kodim 1314 Gorut Letkol Czi Adityo Bangun Pratomo dengan Upacara Kebesaran Adat Moloopu di Rumah Dinas Bupati, Kamis (7/7/2022).

Moloopu merupakan upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi ke rumah dinas jabatan (Yiladia). Upacara ini, selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan masyarakat dari negeri adat Uduluwo Lo U Limo Lopohalaa (lima negeri adat).

Sejumlah prosesi adat diikuti oleh Komandan Kodim yang baru ini bersama istri. Diantaranya mopolahe tou taeya (mempersilahkan turun dari kendaraan), mopodiyambango (mempersilahkan melangkah), mopotupalo (mempersilahkan masuk gapura adat). Prosesi tersebut diiringi dengan sajak atau pesan-pesan adat yang syarat makna.

Upacara ini juga selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, juga merupakan wujud pengakuan rakyat atas ketokohan dan kepemimpinan serta rasa syukur masyarakat adat kepada pemimpin maupun khalifahnya.

Dalam sambutannya, Thariq berharap agar kedepan apa yang sebelumnya telah dirintis oleh bapak Letkol Kav. Embi Triono dapat diteruskan oleh pejabat yang baru.

“Saya berharap apa yang sudah dirintis bisa diteruskan oleh pejabat baru, bahkan kalau bisa melebihi. Karena ini merupakan harapan kami bersama,” ungkap Bupati.

Selain itu, Thariq juga menyampaikan bahwa pendekatan sesuai dengan petuah pemangku Adat di Gorontalo, khususnya di Gorontalo Utara diharapkan dapat dilakukan seperti dalam melakukan koordinasi.

“Pendekatan secara adat dan religius merupakan yang lebih mudah menurut saya. Pasalnya, masyarakat Gorontalo Utara terkenal akan religiusnya,” ucapnya. (*)

Exit mobile version