Bupati Saipul Mbuinga Harap Peneliti dan Penyuluh Pertanian Jalin Sinergi

TATIYE.ID (POHUWATO) – Bupati Saipul A. Mbuinga menghadiri pembukaan temu teknis peneliti-penyuluh BPTP Balitbangtan Gorontalo dengan penyuluh daerah, di hotel Grand Permai, Marisa, Rabu (5/5/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Saipul mengatakan bahwa dalam pembangunan pertanian di daerah sangat membutuhkan peran dan kontribusi dari Balitbangtan atau BPTP.

Menurutnya, mandat utama BPTP adalah mendiseminasikan teknologi pertanian yang dihasilkan oleh balai komoditas lingkungan balitbangtan kepada petani, dengan melibatkan petugas lapang baik peneliti, penyuluh maupun aparat pemerintah daerah.

“Peran penyuluh sebagai penyampai informasi inovasi teknologi pertanian erat hubungannya dengan tugas yang diemban sebagai kepanjangan tangan dari peneliti atau lembaga penelitian untuk menyampaikan informasi kepada petani. Penyuluh juga harus menguasai inovasi teknologi Balitbangtan untuk dapat disampaikan kepada petani,” kata Saipul.

Untuk itu, Bupati berharap agar kegiatan ini menjadi wadah pertukaran informasi, data, teknologi dan inovasi pertanian antara peneliti dan penyuluh. Ia ingin, terjalin sinergi antar peneliti dan penyuluh dari BPTP Balitbangtan Gorontalo dengan penyuluh daerah khususnya penyuluh Pohuwato dan Boalemo.

“Agar mampu menjadi problem solving petani dan membantu pencapaian percepatan pembangunan pertanian di daerah dan nasional,” pungkasnya.

Exit mobile version