Bupati Nelson Jalani Prosesi Adat Moloopu

TATIYE.ID (KABGOR) – Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo menjalani prosesi adat moloopu di gelar di Rumah Jabatan Bupati Minggu, (28/02/2021).

Prosesi adat moloopu diawali dari kediaman pribadi di Desa Tinelo Kecamatan Telaga Biru menuju rumah jabatan Bupati di Kelurahan Kayubulan Kecamatan Limboto. Terlihat, Nelson didampingi Istri Fory Naway di iringi para pemangku adat dari rumah kediaman menuju rumah jabatan Bupati .

Bagi dirinya kekuasaan diberikan kepada orang yang dikehendaki, dan juga diambil kepada orang kehendaki. “Artinya, menjadi bupati bukan kemamuan saya ataupun rakyat. Namun ini sudah menjadi takdir. Kerena diberikan kepada orang dikehendaki,” tutur Nelson.

Dalam menjalankan proses adat, dirinya sangat menghargai proses ada tersebut. Pasalnya, hal itu akan menjadi pegangan dirinya dalam menjalankan tugas sebagai bupati.

“Banyak pesan yang terkandung dalam proses adat ini. Sehingganya, mari kita jaga proses adat ini. Ini juga akan menjadi pedoman saya dalam menjalankan tugas nanti,” tambah Dia.

Dirinya meminta bimbingan dan selalu diingatkan dalam menjalankan tugas dengan baik. Sebagai manusia biasa butuh bimbingan dan peringatan yang baik dan benar. Olehnya, saya berharap kepada pemangku adat dan sesepu agar mengingatkan saya dalam menajalan tugas

Dijelaskan Nelson, kadangkala cara mengingatkannya tidak benar. Hal ini bisa melihat di medsos. Dan ini sangat merusak tatanan pemerintahan dan masyarakat.

“Banyak masalah yang harus dituntaskan ke depan. Mohon dukungan sepenuhnya kepada semua pihak serta kepada masyarakat marilah kita bersama-sama membangun daerah yang kita cintai ini,” tandasnya.

Exit mobile version