Bupati Merlan Uloli Ajak Masyarakat Bone Bolango Meriahkan Malam Tumbilotohe

TATIYE.ID (BONEBOL) – Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli telah mengeluarkan seruan kepada masyarakat berupa ajakan untuk aktif berpartisipasi dalam memeriahkan malam tumbilotohe yang akan datang.

Tumbilotohe atau disebut malam pasang lampu sendiri merupakan salah satu tradisi turun temurun di Gorontalo yang dilaksanakan pada tiga malam terakhir ramadan dengan menyalakan lampu botol yang dihias disepanjang jalan.

Untuk terus melestarikan salah satu tradisi dan budaya yang ada di Provinsi Gorontalo di tengah-tengah lingkungan masyarakat, sebagai Wakil Pemerintah Daerah dirinya telah berkomitmen untuk menyampaikan himbauan tersebut.

Tindakan ini menurutnya perlu dilakukan karena melihat perayaan malam tumbilotohe yang sekarang ini sudah mulai diabaikan oleh masyarakat, padahal tradisi ini merupakan kearifan lokal yang hanya dimiliki oleh masyarakat Gorontalo.

“Tak lupa juga saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama meramaikan malam tumbilotohe atau malam pasang lampu,” ungkapnya saat memberikan sambutan dalam safari ramadan di Rumah Dinas Bandayo Bupati beberapa hari lalu.

Demikian agar himbauan ini tersampaikan secara menyeluruh kepada masyarakat, Merlan juga mengharapkan kerja sama dari pihak Pemerintah Kecamatan untuk menyebarluaskan informasi sesuai dengan edaran yang telah dikeluarkan.

“Lewat edaran yang sudah kita keluarkan melalui Kecamatan, Kelurahan dan Desa kami berharap ini masif disosialisasikan kepada masyarakat, kita juga sudah mengedarkan model tumbilotohe yang sederhana dan mudah untuk diikuti oleh masyarakat”, tutupnya.

Exit mobile version