Bupati Indra : Batasi Anak dan Remaja Gunakan Gadget

TATIYE CHANNEL (GORUT) – Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di Indonesia kian tak terbendung, termasuk penggunaan Gadget seperti Hand Phone (HP). Bahkan telah dimasuk ke berbagai pelosok negeri ini. 

Seperti halnya di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Di Kabupaten terbungsu di provinsi Gorontalo ini, kemajuan teknologi informasi tak kalah dengan di daerah lainnya baik di tingkat provinsi Gorontalo maupun secara nasional. Jika tak dilakukan pengawasan, penggunaan HP diyakini akan memunculkan banyak dampak negatif terhadap generasi muda, terutama pada anak-anak dan remaja. 

Oleh sebab itu, Bupati Gorut Dr. Hi. Indra Yasin, SH, MH mengimbau seluruh orang tua untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya adalah dengan membatasi penggunaan HP yang telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang canggih. 

“Ya, saat ini, HP yang memiliki aplikasi untuk mampu mengakses semua informasi sudah mudah didapatkan. Sebab itu, orang tua harus proaktif dalam melakukan pengawasan dan menjaring penggunaan HP oleh anak-anak yang masih labil,” tutur Bupati Indra Yasin dalam salah satu kesempatan kegiatan pemkab Gorut, belum lama ini. 

Disamping itu, Bupati dua periode ini tak menampik bahwa penggunaan HP mempermudah masyarakat memperoleh informasi dan berkomunikasi. Akan tetapi, jika tidak diberikan pengetahuan serta pengawasan, penggunaan HP tanpa batas akan menciptakan anak yang memiliki kepribadian tempramental, mudah marah dan tak ingin bergaul dengan masyarakat.

 “Lebih buruk lagi, penggunaan HP secara bebas membuka peluang bagi anak untuk mengakses informasi yang dapat merusak masa depan mereka. Seperti menonton video porno yang bisa menjadi pemicu terjadinya kekerasan seksual kepada lawan jenis. Ini harus dihindari,” tegas Indra Yasin. (*)

Exit mobile version