Bupati Hamim Susun Roadmap Pendidikan dan Kebudayaan Bone Bolango

TATIYE.ID (Bonebol) – Bupati Bone Bolango, Hamim Pou bersama para Kepala Sekolah jenjang TK, SD, SMP, Pengawas dan Penilik kembali menyusun roadmap atau peta jalan pendidikan dan kebudayaan di Kabupaten Bone Bolango.

Hamim mengatakan, kemajuan pendidikan sejatinya berpusat pada guru. Guru dalam proses pembelajaran di kelas dan di sekolah, pelajarannya akan tertanam pada diri siswa dan itu akan terbawa terus sampai kapanpun. 

“Peran guru sangat penting dalam pendidikan dan ia harus menjadi sosok yang mencerahkan, yang membuka alam dan pikir serta jiwa, memupupuk nilai-nilai kasih sayang, nilai-nilai keteladanan, nilai-nilai perilaku, nilai-nilai moralitas, nilai-nilai kebhinnekaan,” ungkap Hamim saat membuka Rembuk Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango, Selasa (28/2/2023), di Aula BPMP Provinsi Gorontalo

Bupati Bone Bolango dua periode itu mengungkapkan dari data hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek tahun 2022, menginformasikan, bahwa raport pendidikan Kabupaten Bone Bolango rata-rata masih di bawah kompetensi minimum. Jika dibandingan dengan Kabupaten dan Kota serupa di Indonesia, rata-rata provinsi dan rata-rata nasional, Bone Bolango masih berada di bawah rata-rata. 

“Ini merupakan cambuk untuk kita segera berbenah. Mari kita jadikan rapor pendidikan ini sebagai referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan. Saat ini, rapor pendidikan merupakan satu-satunya platform untuk melihat hasil asesmen nasional dan kualitas pendidikan di indonesia, karena sumber datanya yang objektif dan dapat diandalkan,” ujarnya.

Hamim juga menuturkan pada tahun 2023 ini, pengembangan karakter siswa akan kembali bangkit. Ajang-ajang talenta, kreatifitas siswa yang selama masa Pandemic covid-19 seakan mati suri, kini bangkit dan kembali digalakan. 

“Program yang dirancang untuk bersinergi dengan kebijakan merdeka belajar ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk lebih mengembangkan kemampuan atau prestasinya sesuai dengan talentanya,” tuturnya.

Exit mobile version