Bupati Hamim Canangkan Desa Luwohu Sebagai Kampung Literasi

TATIYE.ID (BONEBOL) – Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, mencanangkan Desa Luwohu, Kecamatan Botupingge sebagai kampung literasi, Selasa (14/12/2021).

Kepala Dinas (kadis) Perpusatakaan, Syamsia Melu mengatakan, kampung literasi adalah suatu kawasan yang menyelenggarakan berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat, mewujudkan masyarakat yang memiliki 6 komponen literasi, yaitu: literasi baca tulis, literasi numerasi/berhitung, literasi sains, literasi digital/teknologi informasi dan komunikasi (TIK), literasi keuangan/ finansial, dan literasi budaya dan kewargaan. Serta membentuk masyarakat pembelajar sepanjang hayat.

“Tujuannya adalah memberikan layanan pengetahuan, informasi dan keterampilan kepada masyarakat sehingga memiliki kecakapan dan wawasan yang luas serta keterampilan yang memadai,” terang Kadis.

Sementara itu, Bupati Hamim Pou mengatakan, pencanangan kampung literasi Desa Luwohu ini sangat cocok dibranding untuk dijadikan kampung literasi. Alasanya menurut Bupati, Desa Luwohu walaupun kecil namun komplit.

Sekolah dari paud hingga SMA tersedia. Dengan kondisi desa yang tidak begitu besar, kita bisa jadikan wisata leterasi, wisata membaca wisata mengaji dan wisata lainnya.

“Bicara literasi harus membudaya  dan tampak diluar, saya yakin dengan SDM yang bagus disni kampung literasi ini bisa berhasil,” terang Bupati. Ia menambahkan silakan warga yg ingin terus mengembangkan pengetahuan ke sini. Bahkan mereka yang hendak mengantarkan buku dan menyumbangkannya.

“Saya titip Kepala Desa untuk menganggarkannya guna mendukung kampung litersi di Desa Luwohu,”tegas Bupati dan menegaskan akan menungg gebrakan-gebrakan selanjutnya dari Kecamatan Botupingge.

Exit mobile version