Bupati Darwis Moridu Evaluasi Progress Dana Desa di Boalemo

TILAMUTA – Untuk melihat sejauh mana progress pelaksanaan dan penyelenggaraan dana desa dan alokasi dana desa tahun 2018, maka Bupati Boalemo Darwis Moridu melakukan evaluasi pengelolaan keuangan bagi seluruh desa yang menerima dana desa serta alokasi dana desa tahun 2018.

Mengapa hal ini perlu dievaluasi, salah satu alasan bahwa masih ada desa yang belum menyelesaikan kegiatan baik bidang pemberdayaan dan pembangunan.

Kegiatan yang dihadiri seluruh Camat, Kepala desa dan bendahara desa tersebut dilaksanakan di Sanggar Tani Desa Kotaraja Kecamatan Dulupi. Dimana dari kegiatan ini terungkap bahwa tahun 2018 anggaran dana desa yang masuk sebesar 72 milyar rupiah, namun sampai saat ini realisasi penyerapan anggara dana desa masih di bawah harapan pemerintah pusat.

Bupati Darwis Moridu mengungkapkan hingga saat ini, desa yang belum merealisasikan penyaluran dana desa tahap III antara lain di Kecamatan Tilamuta adalah Desa Limbato, Piloliyanga, Ayuhulalo dan Hungayonaa kemudian di Kecamatan Botumoito adalah Desa Bolihutuo, Tutulo dan Dulangeya, Kecamatan Dulupi adalah Desa Dulupi, Kecamatan Wonosari terdiri dari Desa Harapan, Desa Pangea dan Desa Suka Mulya, Kecamatan Paguyaman Desa Bongo Nol, dan Desa Balate Jaya serta Kecamatan Paguyaman Pantai masing-masing Desa Bangga dan Olibu.

Melihat kondisi ini maka Bupati Darwis Moridu meminta kepada seluruh Camat untuk segera melakukan evaluasi kinerja aparat desa dan lembaga desa karena batas penyaluran dana desa berakhir pada 15 Desember ini. Bupati berharap pemerintah desa mampu melaksanakan program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. (Adv)

Laporan : Muchlis Kai TC Boalemo

Exit mobile version