Bupati Darem dan Kepuslat Kemendes Hadiri Panen Raya Bandeng di Mananggu

TATIYE CHANNEL (BOALEMO) – Bupati Boalemo Darwis Moridu bersama Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat Kementerian Desa RI, Helmiyati Nuhung, mencanangkan  panen Raya ikan bandeng di Desa Kramat Kecamatan Mananggu, Rabu (18/9/2019).

Hadir dalam panen raya ini Ketua DPRD Kabupaten Bisa, Eka Putra Noho, Anggota Legislatif Wahyudin Moridu, pimpinan OPD, Camat Mananggu Hidayat Lamsu, Unsur Muspika Mananggu, kepala Desa dan masyarakat Desa Kramat. 

Bupati Boalemo Darwis Moridu menyampaikan bahwa pemerintah Daerah akan selalu berkomitmen untuk membantu pengembangan Ekonomi Desa, khususnya dalam inovasi-inovasi yang akan dilahirkan oleh Pemerintah Desa. 

Tentu kehadiran kepala Pusat Pelatihan Masyarakat kementerian desa merupakan penghargaan kepada pemerintah daerah Kabupaten Boalemo dalam mendukung pengembangan ekonomi desa melalui kegiatan Bumdes yang juga merupakan program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Pada kesempatan itu juga Bupati Darwis Moridu menyampaikan kepada Helmiyati Nuhung, bahwa Kabupaten Boalemo terdiri dari 82 desa dan semuanya memiliki badan usaha Milik Desa (BUMDES) dengan berbagai kegiatan Usaha. 

Seperti Bumdes Desa  Tenilo Kecamatan Tilamuta yang melahirkan inovasi mengembangkan obyek Wisata Pantai Kota ratu.  Bumdes Desa Kramat bergerak dalam usaha ikan bandeng dan Bumdes Piloliyanga bergerak di sektor Pertanian. Semuanya itu membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah maupun dari Pemerintah Pusat. 

Sehingga itu Bupati Boalemo Darwis Moridu akan mendukung sepenuhnya kepada pemerintah desa maupun Bumdes untuk melahirkan inovasi-inovasi dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang ada di desa.

Sementara itu kepala Pusat pelatihan  masyarakat Desa Republik Indonesia Helmiyati Nuhung menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah desa Kramat dan Bumdes yang telah mengembangkan potensi-potensi yang dapat digali untuk peningkatan ekonomi desa. 

Untuk tambak ikan bandeng ini kata Helmiyati masih ada peluang untuk revitalisasi, untuk di jadikan lokasi destinasi wisata. “Saya sangat bangga kepada Bupati Boalemo Darwis Moridu yang melahirkan inovasi dan ide-idenya yang begitu deras untuk kepentingan masyarakat  demi kemajuan Daerah Kabupaten Boalemo,” ungkap Helmiyati Nuhung. (*)

Exit mobile version