Buka Penjaringan Cabup-Cawabup Kabgor, Nasdem akan Pecat Tim Penjaring yang Tetapkan Mahar

TATIYE CHANEL (KABGOR) – Kemarin (23/9) DPD Partai Nasdem Kabupaten Gorontalo (Kabgor) mulai melakukan penjaringan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Kabgor. Ini disampaikan ketua DPD Partai Nasdem Kabgor, Rustam Akili kepada sejumlah wartawan. 

Menariknya, dalam penjaringan bakal cabup dan cawabup Kabgor, DPD Nasdem akan memecat tim penjaringan jika kedapatan menetapkan mahar bagi figur-figur yang mau mendaftar. “Siapa saja dia, jika kedapatan akan dipecat. Tak ada toleransi, karena itu sudah komitmen kita,” tegas mantan ketua Deprov Gorontalo ini. 

Lebih lanjut, Rustam mengatakan, khusus partai Nasdem para calon bisa mendaftar tidak mesti harus di DPD 2. Para tokoh yang siap bertarung bisa mendaftar melalui DPP maupun DPW. Bahkan, kata Rustam, via pendaftaran online juga bisa ditempuh oleh para calon. “Inilah bukti partai Nasdem yang selalu menjadi lokomotif perubahan,” kata Rustam dan menambahkan nantinya DPP dan DPW akan menyodorkan nama-nama yang mendaftar ke sekretariat tim penjaringan DPD Nasdem Kabgor. “Untuk penetapannya akan diplenokan di DPD. Mereka pengurus DPW akan datang ke sini nantinya,” ungkap Rustam. 

Dijelaskannya pula, dalam menetapkan bakal calon Bupati dan wakil bupati, selain merujuk syarat umum yang sebagian besar tertuang dalam PKPU nomor 15, Nasdem akan mengedepankan faktor popularitas, elektabilitas serta akseptabilitas. “Dan kami di DPD mempunyai kewenangan mengusulkan 3 nama ke DPW yang nantinya akan diteruskan ke DPP. Mereka (DPW) juga punya hak menambah 2 nama,” ungkap Rustam. 

Adapun waktu penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati hingga penetapan. Pendaftaran dimulai pada 23/9 hingga 23/10. Selanjutnya para calon yang sudah mendaftar, memaparkan visi dan misi serta strategi pada 24/10 hingga 31/10. Dan hasilnya akan diplenokan pada 1/11 sampai dengan 5/11. Selanjutnya pada 6/11 hingga 8/11 penyerahan berkas ke DPP. (*)

Exit mobile version