Buka Bimtek PSM, Begini Kata Sekda Ismail Madjid

Ismail Madjid

TATIYE.ID (PEMKOT) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo Ismail Madjid mengatakan perlu adanya perhatian semua pihak, untuk dapat memberdayakan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Sebab Ia menilai, peran dan tanggung jawab PSM begitu besar dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Itu disampaikannya saat memberikan sambutan, pada pembukaan kegiatan Bimtek Dasar Pekerja Sosial Masyarakat, di Grand Q Hotel Gorontalo, Jumat (05/03/2021)

“PSM ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menginisiasi penanganan masalah sosial, mendorong, menggerakkan, dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Jadi mereka ini mempunyai jiwa pengabdian sosial, kemampuan, dan kemauan dalam menyelenggarakan kesejahteraan sosial,” ujarnya.

Disamping itu kata dia, PSM juga sebagai mitra pemerintah atau institusi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, yang bertugas memantau menyelenggarakan kesejahteraan sosial.

“Persoalan sosial yang terjadi di masyarakat begitu besar. Sehingga nya hal ini harus membutuhkan keseriusan dari semua pihak,” katanya.

Dalam menangani masalah sosial, pemerintah telah memprogramkan berbagai kegiatan, diantaranya program rehabilitasi sosial, perlindungan dan jaminan sosial, serta program kegiatan bantuan sosial lainnya.

“Jadi semua program yang berkaitan dengan masalah penanganan sosial, tidak akan berjalan maksimal jika tidak ada peran serta masyarakat, khususnya PSM. Begitu banyak lembaga atau pilar-pilar sosial yang terlibat dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial. Diantaranya PKH, TKSK, Karang Taruna, Tagana, LKS, dan PSM…”

“Semua lembaga itu perlu adanya penguatan kapasitas, berupa pelatihan atau Bimtek. Jika ini terwujud, maka peran dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial berjalan lebih maksimal,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version