Buka Bimtek Anjab dan Evaluasi Jabatan, Ini Pesan Tegas Marten Taha

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha secara resmi membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja dan Evaluasi Jabatan di lingkungan Pemerintahan Kota Gorontalo yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin-Rabu (23-25/5/2022) di Manado, Sulawesi Utara.

Marten mengatakan bahwa reformasi birokrasi merupakan pilar utama untuk menciptakan sosok profil birokrasi yang handal, profesional, akuntabel dan berwawasan global. Dengan adanya hal itu, diharapkan dapat membawa suatu perubahan yang berorientasi pada hasil, dan tidak semata berorientasi pada prosedur, proses dan rutinitas yang monoton.

“Melalui penataan perangkat daerah ini, akan diperoleh perangkat daerah yang tepat ukuran dan tepat fungsi serta pelaksanaan reformasi birokrasi yang berjalan dengan baik,” kata Wali Kota Gorontalo dua periode tersebut.

Pelaksanaan analisis jabatan dan analisis beban kerja ini merupakan bagian yang harus dilakukan pasca kebijakan Penyederhaan Birokasi. Sehingga menjadi kewajiban setiap pemerintah daerah untuk menyusun dokumen analisis jabatan dan analisis beban kerja yang nantinya akan menghasilkan uraian jabatan, peta jabatan, evaluasi Jabatan dan kebutuhan pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang ada.

“Bertolak dari tugas dan kewenangan tersebut, saya berharap kepada semua peserta bimbingan teknis dan
penyelenggara untuk dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh agar dapat menghasilkan uraian tugas dan fungsi setiap jabatan sesuai perubahan struktur kelembagaan yang erat kaitannya dalam menghasilkan perencanaan SDM yang lebih baik, pelaksanaan rekrutmen dan seleksi, penilaian kinerja, dan remunirasi dalam hal pemberian TPP,” bebernya.

Lebih lanjut, sebelum mengakhiri sambutannya Wali Kota Gorontalo mengingatkan kembali soal prosedur kerja termasuk penetapan status kepegawaian kita harus tepat fungsi dan tepat guna dengan tugas serta fungsi yang spesifik.

Aparatur sipil negara adalah mesin birokrasi pemerintah untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan Pembangunan, untuk itu saya minta kepada semua aparatur di lingkungan pemerintah Kota Gorontalo untuk dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab yang telah terurai dalam tugas dan fungsi masing-masing setiap pemangku jabatan yang nantinya akan dihasilkan dalam bimtek analisis jabatan dan analisis beban kerja baik yang sudah ada maupun akan dirumuskan kembali saat ini.

“Komitmen setiap pemangku jabatan merupakan mutlak dimiliki oleh setiap aparatur dalam melaksanakan tugas yang telah diamanahkan oleh pimpinan, dengan harapan dapat terimplementasi dalam menyelesaikan penyusunan dokumen analisis jabatan dan analisis beban kerja,” harapnya.

Marten juga berpesan agar aparatur sipil negara dapat meningkatkan rasa tanggungjawab dan disiplin diri sebagai wujud profesi aparatur abdi negara dan abdi masyarakat yang sudah menjadi pilihan saudara-saudara dalam Hidup ini.

“Saya minta kepada peserta dan penyelenggara untuk melaksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa tanggungjawab kepada organisasi, pimpinan dan yang paling utama kepada Allah SWT. Dan jangan hanya
menggugurkan kewajiban dalam melaksanakan setiap kegiatan tetapi perlu berorientasi kepada hasil, manfaat dan dampak dari setiap program dan kegiatan termasuk target dalam menyelsaikan pekerjaan, saya minta dokumen analisis jabatan ini selesai pada bulan Juni tahun 2022 ini,” pintanya. (*)

Exit mobile version