BPOM Gorontalo Himbau Masyarakat Teliti saat Membeli Jajanan Takjil

TATIYE.ID (BONEBOL) – Tak hanya memastikan keamanan bahan yang digunakan oleh para penjualnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo juga mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk lebih cermat dalam membeli jajanan untuk hidangan saat buka puasa.

“Kepada seluruh masyarakat Gorontalo kami berharap kalian terus senantiasa memperhatikan makanan takjil yang akan dikonsumsi”, ungkap Muindar, Ketua Tim Infokom BPOM Gorontalo.

Adapun hal tersebut disampaikan kepada awak media usai timnya melakukan sidak jajanan takjil dan melakukan pengujian Sampling di Simpang 3 Gorontalo Outer Ring Road (GOR) Kecamatan Tapa, Kamis (14/03/2024).

Dalam hal ini, Tim BPOM Gorontalo pun menguraikan beberapa tips agar masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Muindar menjelaskan salah satu langkah umum yang perlu dilakukan oleh masyarakat yakni memastikan kebersihan lingkungan yang dijadikan lokasi tempat penjualannya.

“Kemudian lihat apakah tempat penjualannya tertutup, apalagi ini dijual dipinggir jalan lihat apakah tertutup karena kan ini debu debu ya”, jelas Muindar.

Dan yang paling terpenting kata Muindar ada dalam ciri fisik pangannya, masyarakat harus lebih jeli memperhatikan warna makanan apakah menyolok, kemudian teksturnya juga apakah terlalu kenyal.

“Perhatikan juga kondisi penjualnya apakah dia bersih, apakah menggunakan alat pelindung jadi itu termasuk yang harus kita perhatikan” tambahnya.

Demikian beberapa hal yang telah disampaikan oleh BPOM Gorontalo tersebut diharapkan juga menjadi perhatian dari para penjual takjil diluar sana.

Exit mobile version