Bersama Cetak Juara, Jadi Tagline HAORNAS 2022

TATIYE.ID (SPORT) – Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2022 menjadi momentum besar bagi publik olahraga tanah air. Bukan secara kebetulan, pada peringatan HAORNAS tahun ini juga berbarengan dengan terbitnya dan undang-undang keolahragaan nomor 11 Tahun 2022 dan terbitnya Perpres DBON nomor 86 tahun 2021.

“Bagi saya momentum Hari Olahraga Nasional ini bagaimana kita suarakan tentang regulasi-regulasi olahraga. Ini menarik menurut saya untuk bagaimana mengembangkan olahraga ke depan,” ujar kabid Pora, Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Fitri Ahmad, Kamis (9/09/2022).

Fitri juga mengatakan, pasca pandemi Covid dua tahun terakhir peringatan HAORNAS tidak dilaksanakan dan baru terlaksana tahun ini. Untuk Provinsi Gorontalo, selain upacara peringatan HAORNAS, pihaknya juga menggelar beberapa kegiatan seperti jalan sehat bersama perwakilan OPD se Provinsi Gorontalo dan organisasi olahraga yang ada di Gorontalo.

“Pada Hari Olahraga Nasional tahun ini kami memperkenalkan juga SKJ tahun 2021 kepada anak-anak sekolah dari SD sampai SMA. Tujuannya tidak lain adalah, bagaimana kita cinta olahraga karena kalau sudah cinta olahraga maka akan ada siswa-siswa yang berminat untuk berprestasi,” kata Fitri.

Sementara itu, diketahui tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 adalah ‘Bersama Cetak Juara’. Kata bersama bermakna untuk mencetak juara sesuai dengan tujuan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja.

Dalam perpres tentang DBON dijelaskan bahwa terdapat 17 kementerian/lembaga, 34 provinsi, dan 517 Kabupaten/Kota yang harus bersinergi, bergerak bersama mencetak atlet tangguh yang mampu berprestasi di level dunia, sebagaimana yang disampaikan oleh Menpora Zainudin Amali.

Stadion Batakan di Balikpapan dipilih sebagai lokasi puncak Haornas tahun 2022 ini. Menpora Amali juga memastikan mengenai dipilihnya Stadion Batakan sebagai venue puncak Haornas 2022 adalah sebagai penegas kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa komitmen pemerintah dalam menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). (*)

Exit mobile version