Berkat Marten, Pendiri HMI Prof Lafran Pane, Jadi Nama Jalan

TATIYE.ID (PEMKOT) – Hari ini merupakan hari bersejarah bagi Pemerintah Kota Gorontalo. Dimana nama Prof. Drs. H. Lafran Pane, resmi diabadikan sebagai salah satu nama jalan di Kelurahan Wonggaditi Barat, Kecamatan Kota Utara.

Peresmian itu dilakukan pada Jumat (05/02/2021) oleh Wali Kota Marten A. Taha, sekaligus dirangkaikan dengan Milad ke-74 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang disiarkan langsung melalui fanspage pemerintah Kota Gorontalo.

Dalam arahannya, Wali Kota Marten A. Taha mengatakan, penamaan jalan Prof. Drs H. Lafran Pane merupakan bentuk penghikmatan dan penghargaan pemerintah kota untuk menghormati jasa-jasanya.

Selain sebagai pendiri HMI, sosok Lafran Pane kata dia, merupakan pahlawan nasional yang terlibat langsung memperjuangkan kemerdekaan Indonesia kala itu.

“Ini merupakan upaya kita untuk menghormati jasa pahlawan nasional Prof. Drs. H Lafran Pane. Oleh karena itu, kami menobatkan namanya sebagai salah nama jalan di Kota Gorontalo,” ujarnya.

Lanjut kata Marten, pengusulan penamaan jalan Prof. Drs. H. Lafran Pane telah melalui prosedur panjang, yang diawali dari pengusulan oleh Majelis Wilayah KAHMI Provinsi Gorontalo. Kemudian ditindaklanjuti pemerintah Kota Gorontalo sesuai prosedur yang berlaku.

“DI ruas jalan ini juga berdiri sebuah bangunan monumental yang didirikan oleh kader-kader terbaik milik umat yang diberi nama Graha KAHMI. Di tempat inilah dilaksanakan kajian-kajian keislaman dan kebangsaan. Tempat ini juga dilaksanakan pengkaderan umat dan kader bangsa oleh HMI,” katanya.

Akhir penyampaian Wali Kota dua periode berharap, penamaan jalan Prof. Drs. H. Lafran Pane tidak sekedar menjadi simbolis semata. Namun ada harapan besar ynag terkandung di dalamnya.

“Diresmikannya jalan ini semoga akan menjadi inspirasi kita semua, khususnya kader HMI dalam memberikan karya terbaik, kapasitas diri dengan ilmu pengetahuan dan ikut berkontribusi penuh demi kemaslahatan umat dan bangsa, khususnya di bumi Serambi Madinah,” tutup Marten. (*)

Exit mobile version