Berikut Sederet Pencapaian yang Diraih Kabupaten Bone Bolango di Tahun 2023

Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli

TATIYE.ID (BONEBOL) – Tahun 2023 telah menjadi momentum gemilang bagi Kabupaten Bone Bolango dengan sejumlah pencapaian yang menggembirakan.

Kabupaten Bone Bolango kembali menorehkan sejumlah prestasi di tahun itu sebagaimana yang telah dituangkan dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bone Bolango.

Berbagai pencapaian pembangunan itu disampaikan oleh Bupati Bone Bolango dalam rapat Paripurna LKPJ 2023 yang digelar di Ruang Sidang DPRD Bone Bolango, Jum’at (05/04/2024).

Salah satu pencapaian terbesar di tahun itu, yakni Bone Bolango kembali meraih piala adipura yang telah mengantarkan daerah ini menjadi satu-satunya Kabupaten maju di Provinsi Gorontalo dengan indeks pembangunan manusia sebesar 71.97% yang di tahun 2022 hanya 70.90%.

Disektor Ekonomi, Kabupaten Bone Bolango mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah menjadi 4.47%, yang di tahun sebelumnya hanya 4.01%. Kemudian mampu mengurangi angka pengangguran terbuka melalui program tenaga kerja milenial dan mandiri.

“Dari program pemberdayaan masyarakat dan bantuan kemiskinan ekstrem yang kami lakukan secara masif, kita mampu menurunkan angka kemiskinan dari 15,51% dari angka 16.05%”, ungkap Merlan.

“Program-program kami di sektor ekonomi dan infrastruktur juga telah meningkatkan pengeluaran perkapita masyarakat menjadi 11 juta 114 Ribu Rupiah, dari tahun sebelumnya 10 juta 676 Ribu Rupiah”, tambahnya.

Tak hanya itu, dalam bidang pendidikan Kabupaten Bone Bolango juga unggul melalui programnya yakni program pendidikan Bone Bolango cerdas yang mampu meningkatkan angka harapan lama sekolah.

Atas seluruh pencapaian mengesankan tersebut, Merlan mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap kerja keras dan kerjasama antara pemerintah daerah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait lainnya selama ini.

“Masih banyak tugas-tugas yang perlu kita selesaikan kedepan, olehnya saya mengajak kita semua untuk turus bersama membangun koalisi kerja yang inovatif dalam mencapai pembangunan Bone Bolango maju dan unggul”, tandasnya.

Exit mobile version