Berbeda dari Pemilu 2019, Berikut Skema Pendistribusian Logistik KPU Bonebol

TATIYE.ID (BONEBOL) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango mengungkap berbagai kesiapannya dalam mendistribusikan logistik Pemilu di 509 TPS yang tersebar di Bone Bolango. Kali ini pendistribusian logistik untuk Pemilu 2024 cukup berbeda dengan tahun sebelumnya.

Hal tersebut terungkap saat Ketua KPU Bone Bolango, Sutenti Lamuhu memaparkan skema pendistribusian logistik Pemilu 2024 pada Rapat Koordinasi dan Simulasi yang dilaksanakan bersama pihak Kepolisian Bone Bolango dan Tim Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Selasa (12/12/2023).

Adapun untuk alur pendistribusiannya kata Sutenti, yaitu pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyalurkan langsung logistik ke masing-masing TPS (Tempat Pemungutan Suara).

“Kalau 2019 itukan pendistribusiannya dari KPU langsung ke PPK lalu tim PPK akan melakukan pengecekan kembali, nah untuk 2024 ini pendistribusiannya langsung dari KPU itu langsung ke TPS tidak singgah lagi ke PPK,” ungkap Sutenti.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menambahkan untuk Kabupaten Bone Bolango sendiri, penyaluran logistik akan dipetakkan menjadi dua jalur berdasarkan wilayahnya, yaitu TPS terjauh dan TPS Normal.

Dikatakan TPS normal karena daerah tersebut merupakan daerah pemilihan yang mudah dijangkau dan dapat diakses oleh kenderaan, sedangkan untuk TPS terjauh yakni TPS yang sulit dijangkau atau daerah terpencil yang berada di Kabupaten Bone Bolango.

“Untuk TPS normal itu akan kita distribusi pada H-1 tanggal 13 februari 2024 itu akan disebar ke 159 desa, dan untuk TPS terjauh itu kami akan distribusi H-3 yakni di tanggal 11 februari 2024 dimana itu akan di distribusi di 6 TPS, jadi 5 TPS di Pinogu, dan 1 TPS di Molotabu Kecamatan Bone,” ujar Sutenti.

Adanya pemetaan wilayah distribusi, kata Ketua KPU hal tersebut dilakukan agar pihaknya dapat dengan mudah melakukan pengawasan serta memastikan bahwa pendistribusian logistik merata hingga ke daerah terpencil.

“Pendistribusian ini dibawah pengawasan langsung dari pihak Polres Bone Bolango, kami akan bangun terus kerja sama ini untuk memastikan pendistribusian dapat berjalan dengan baik dan transparansi dalam seluruh prosesnya,” tutupnya.

Exit mobile version