Berbagai Kegiatan Lomba Meriahkan Hari Museum Indonesia di UPTD Museum Gorontalo

TATIYE.ID – Cara unik dilakukan UPTD Museum Purbakala Gorontalo dalam rangka memeriahkan Hari Museum Indonesia Tahun 2022. Pasalnya selain pameran temporer dengan tema prosesi pernikahan adat Gorontalo, juga ada pameran kuliner, sosialisasi museum dan lomba mewarnai yang siswa siswi usia dini/TK.

Inisiasi Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) melalui UPTD Museum Purbakala Gorontalo ini mendapat sambutan positif dari pemerintah Provinsi Gorontalo yang diwakili Pj. Sekda, Syukri Botutihe.

Untuk peserta kegiatan berasal dari siswa-siswi SMP dan MTs di wilayah Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango sebanyak 600 orang. Kemudian anak usia dini dan TK di Wilayah Kota Gorontalo sebanyak 100 orang dan pendidik/Orang Tua Anak Usia dini dan TK sebanyak 100 orang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terutama para generasi muda tentang Prosesi Pernikahan Adat Gorontalo, dan meningkatkan penghayatan nilai-nilai warisan budaya Gorontalo,” kata Kepala UPTD Museum Purbakala Gorontalo, Melly Mohammad, Rabu (12/10/2022).

“Selain itu dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi anak usia dini sampai masyarakat luas untuk belajar di museum,” lanjutnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Syukri Botutihe berharap melalui kegiatan ini akan meningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terutama para generasi muda tentang prosesi Pernikahan Adat Gorontalo

“Selaku pemerintah daerah, saya juga mengharapkan adanya peningkatan penghayatan nilai-nilai warisan budaya Gorontalo dan Adanya peningkatan apresiasi seluruh lapisan masyarakat dari anak usia dini sampai dengan perguruan tinggi dan masyarakat luas untuk belajar di museum.

Terakhir Kepala Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Wahyudin Katili kepada awak media juga berharap UPTD museum purbakala terus berinovasi dan menjaga aksesibilitas. (*)

Exit mobile version