Belanja APBD Bonebol Tahun ini Mengalami Penurunan, Begini Kata Merlan Uloli

TATIYE.ID (BONEBOL) – Patut bersyukur. Di tahun ini belanja yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bone Bolango mencapai Rp 902.856.543.933 atau Rp 902,8 miliar lebih. Anggaran ini mengalami penurunan sebesar 14,6% dari tahun sebelumnya sebesar Rp 1.072.195.750.997 atau 1,072 triliun lebih.

Hal ini Sebagaimana diungkapkan Wakil Bupati Merlan Uloli, saat membuka sekaligus memberikan arahan di hadapan peserta bimbingan teknis (Bimtek) Elektronik Monitoring Evaluasi dan Pelaporan New Generation (e-Monep NG) berbasis website tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2022, di Aryaduta Hotel, Kota Manado, Kamis (10/03/2022)

Wabup menjelaskan, dengan besaran belanja daerah tentunya sangat membutuhkan komitmen bersama, dalam melakukan akselerasi penyerapan anggaran dan percepatan pelaksanaan pembangunan daerah. Agar perputaran ekonomi masyarakat terus meningkat.

“Tentu dengan memperkuat sistem perlindungan sosial, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, ketahanan pangan, peningkatan infrastruktur desa dan layanan dasar publik. Sehingga visi kepala daerah mewujudkan Kabupaten Bone Bolango dua kali lebih maju dapat terwujud dengan baik” jelasnya.

Disisi lain, situasi pandemi Covid-19 yang saat ini yang belum berakhir, memaksa pemerintah daerah berupaya untuk terus mengurangi dampaknya terhadap masyarakat.

“Berbagai langkah pun dilakukan, baik itu evaluasi dan penyesuaian APBD berdasarkan potensi pendapatan dan prioritas belanja, melalui refocussing maupun mengoptimalkan sumber daya untuk percepatan kegiatan dan realisasi belanja” pungkasnya (**)

Exit mobile version