Bawaslu Gorontalo Gelar Rapat Kerja Teknis Tungsura Pemilu 2024

Tatiye.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar rapat kerja teknis persiapan pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel Grand-Q Kota Gorontalo, Kamis (1/2/2024).

Ketua Panitia Iswan Maksum dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemilu 2024 memiliki signifikansi yang tinggi dalam konteks demokrasi di negara ini, mengingat Pemilu Tahun 2024 diselenggarakan secara Serentak Untuk Memilih Presiden Dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota.

“Persiapan yang matang dan terstruktur perlu dilakukan untuk memastikan kelancaran proses Pemilu Tahun 2024 dalam penyelanggaraan Pemilu Tahun 2024 ini. Tahapan pemungutan dan penghitungan suara merupakan tahapan yang sangat krusial, untuk itu pengawasan terhadap tahapan pemungutan dan penghitungan suara sangat penting dalam menjaga integritas dan transparansi proses pemilu,” ungkap Iswan Maksum.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Idris Usuli pada sambutannya menuturkan Pemilu 2024 memberikan tantangan bagi pengawas pemilu untuk segera memetakan potensi pelanggaran sehingga dapat melakukan antisipasi terhadap hal-hal yang dapat mencederai proses Pemilu yang demokratis.

“Penghitungan suara merupakan tahapan krusial yang membutuhkan ketelitian guna mencegah kemungkinan kesalahan atau manipulasi,” tegas Idris Usuli.

Dirinyapun menambahkan dalam melakukan kerja-kerja pengawasan diperlukan rumusan strategi pengawasan yang efektif, penggunaan teknologi modern, dan koordinasi yang baik antara pengawas di berbagai tingkatan.

“Bawaslu RI juga telah mengembangkan alat bantu pengawasan yang akan digunakan oleh semua jajaran pengawas Pemilu, yaitu aplikasi Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) merupakan salah satu sistem alat bantu yang digunakan Badan Pengawas Pemilihan Umum untuk menjaga hasil pengawasan yang terintegrasi,” tandasnya.

Exit mobile version