Bawakan Kuliah Subuh Di Masjid Agung Baiturahim, Ini Pesan Walikota

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” kata Wali Kota Gorontalo Marten Taha, mengutip terjemahan surat Al Baqarah ayat 183. Dimana salah satu tujuan berpuasa di bulan Ramadhan tersampaikan jelas dalam surat Al Baqarah ayat 183 tersebut.

Dalam Kultum subuh di Mesjid Baiturrahim, Kota Gorontalo Walikota Gorontalo tidak lupa mengajak para orang tua agar mengikutsertakan anak-anak milenial untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan 1444 Hijriah. Menurutnya dalam melaksanakan ibadah puasa, anak-anak milenial lebih tertarik melaksanakannya secara bersama-sama atau berkelompok.

Nah, Pemerintah Kota Gorontalo sendiri memiliki sebuah program kegiatan religi, yang bisa menjadi wadah untuk generasi muda beribadah secara bersama-sama. Program kegiatan religi itu yakni GSSB atau Gerakan Shalat Subuh Berjamaah, yang sudah lama dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo.

“Coba liat anak-anak milenial, kalau subuh seperti ini datangnya ramai-ramai ke mesjid, nanti setelah subuh mereka jalan-jalan sama-sama lagi karena mereka maunya ramai-ramai,” tutur Marten, Ahad (26/03/2023).

“Jadi suasana yang semarak itu membangkitkan semangat juga, untuk beribadah bagi kaum-kaum milenial itu, dan kita sebagai orang tua itu yang harus kita pupuk,” sambungnya.

Wali Kota juga menjelaskan, ada dua unsur bagi umat muslim untuk mencapai derajat takwa. Pertama melaksanakan apa yang diperintahkan Allah SWT, kemudian kedua meninggalkan atau menjauhi apa yang dilarang Allah SWT.

“Jika kita bisa menunaikan dengan tekun dua unsur ini, maka kita akan mencapai derajat takwa. Pembeda antara yang dianjurkan dan dilarang itu, seperti dijelaskan pada Surat Al Baqarah ayat 185, Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil),” jelasnya. (*)

Exit mobile version