Bangga Jadi Alumni SMK Bina Taruna, Athun : Kualitas Pendidikan Pelayaran The Best

TATIYE.ID (GORONTALO) – Menjadi SMK Pelayaran satu-satunya di Provinsi Gorontalo, SMK Bina Taruna Gorontalo dinilai terus melahirkan lulusan-lulusan terbaik yang memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk calon tenaga kerja handal di sektor maritim.

Seperti halnya kata Ketua IKA Alumni SMK Bina Taruna Gorontalo, Athun Ranosumitro kepada awak media ini. Dimana industri maritim sendiri merupakan industri yang sangat strategis dan vital bagi negara Indonesia karena melibatkan berbagai aspek kegiatan ekonomi dan keamanan nasional. Sehingganya, kualitas pendidikan di SMK Pelayaran sangat diperlukan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam dunia kerja maritim yang semakin kompetitif.

“Salah satu langkah yang dilakukan SMK Bina Taruna diantaranya meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Pelayaran dengan mengembangkan kurikulum yang relevan dan mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan industri maritim,” kata Athun Ranosumitro, Sabtu (20/5/2023).

Selain itu, memperkuat kemitraan dengan industri maritim juga dilakukan melalui kegiatan magang atau kerja praktik, seminar atau pelatihan, atau kerjasama proyek dengan perusahaan maritim. Dengan demikian, siswa SMK Pelayaran dapat mengenal dan memahami lebih dalam tentang dunia kerja maritim serta memperoleh pengalaman kerja yang berharga.

“Sebagai alumni saya melihat peningkatan kualitas pendidikan di SMK Bina Taruna juga terlihat dari kualitas guru dan staf pengajar memiliki kompetensi yang memadai dan terus menerus mengikuti perkembangan teknologi dan pendidikan di bidang maritim. Mereka juga terlatih dalam mengelola dan mengembangkan kurikulum yang efektif dan relevan,” ungkapnya.

Terakhir Athun berharap dalam meningkatan kualitas pendidikan di SMK Pelayaran juga harus melibatkan seluruh pihak, baik itu pihak sekolah, guru, siswa, maupun orang tua serta alumni.

“Seluruh pihak harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Pelayaran satu-satunya di Gorontalo ini. Dengan meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Pelayaran, diharapkan akan muncul lulusan-lulusan yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang tinggi dalam bidang maritim,” harapnya. (*)

Exit mobile version