Awal Mei, Welly Podungge Ikut Coach Education PSSI

TATIYE.ID (SPORT) – Pelatih kawakan Gorontalo yang pernah menangani Persigo dan beberapa klub sepakbola nasional lainnya bakal ikut ambil bagian pada Coach Education atau kursus penyetaraan pelatih lisensi nasional yang dilakukan oleh PSSI 2 Mei 2021 di Makassar.

Kegiatan yang diinstrukturi oleh Yeyen Tumena dan Emral Abus tersebut oleh Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi sebagai bukti kepedulian PSSI terhadap perkembangan sepakbola tanah air serta para pelatihnya.

“Atas arahan dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan seusai mendengar usulan Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), PSSI ingin membantu pelatih-pelatih Indonesia yang hanya memiliki lisensi nasional agar bisa aktif melatih menggunakan sertifikat yang dimiliki. Untuk itu PSSI akan menyetarakan lisensi nasional ke lisensi PSSI Diploma,” kata Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, Ahad (18/4/2021).

“Seperti diketahui banyak pelatih di era dulu yang ikut kursus pelatih, namun oleh Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) lisensinya belum diakui. Untuk itu pelatih sekarang harus mengikuti standar AFC. Apalagi PSSI saat ini sudah diberikan kepercayaan oleh AFC untuk memberikan lisensi pelatih. Jadi PSSI ingin membantu pelatih-pelatih agar lisensinya bisa diakui,” lanjutnya.

Yunus juga berharap lisensi yang nanti disetarakan bisa dipergunakan sebaik-baiknya untuk membantu meningkatkan kualitas sepakbola di Indonesia.

“Maka PSSI di bawah Direktur Teknik (Indra Sjafri) akan menyelenggarakan penyetaraan pelatih lisensi B dan A. Kegiatan ini diikuti oleh 214 peserta yang dibagi nanti di beberapa wilayah kota (Padang, Bandung, Pati, Malang, Makassar dan Jakarta) dan sudah dimulai sejak hari ini. Semoga Lisensi yang nanti disetarakan bisa dipergunakan sebaik baiknya untuk membantu meningkatkan kualitas sepakbola di Indonesia,” jelasnya.

Welly Podungge satu-satunya pelatih dari Gorontalo yang akan ikut ambil bagian pada kegiatan tersebut mengaku bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini.

“Jujur saya sangat bersyukur bisa ikut pada coacing education ini yang akan dilangsungkan di Makassar bulan depan. Selain dapat menambah ilmu pengetahuan kepelatihan, saya juga berkesempatan menimba ilmu dari para instruktur-instruktur yang berkompeten dan berpengalaman dari PSSI,” ungkap Welly Podungge.

“Tentu ini juga menjadi modal utama bagi diri ini memperkaya ilmu melatih saya dikemudian hari nanti,” tambahnya.(*)

Exit mobile version