Aturan di SEA Games 2023 Berubah, Indra Sjafri Berburu Pemain Hingga Liga 3

TATIYE.ID (SPORT) – Selaku tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja mengubah aturan untuk cabang sepak bola putra yang cukup merugikan tim-tim peserta termasuk Timnas Indonesia. Nah, untuk mempersiapkan timnas, pelatih Indra Sjafri kini berburu pemain ke klub-klub kasta ketiga atau Liga 3.

Timnas Indonesia bakal berlaga di ajang SEA Games 2023 yang rencananya bakal dimulai pada 29 April mendatang di Phnom Penh, Kamboja. Dari informasi yang diperoleh tatiye.id melalui Dirtek Asprov PSSI Gorontalo, saat ini Indra Sjafri tengah mencari pemain-pemain berbakat dari seluruh penjuru daerah baik yang bermain di Liga 2, Liga 3 maupun pemain yang dinilai berpotensi.

“Apa khabar teman” Dirtek Asprov Semua. Dalam rangka pembentukan Timnas SEA Games 2023, kalau ada pemain yg di daerah masing” yg main di Club Liga 3 atau potensi lain, kelahiran 2001, 2002 yg kwalitasnya pantas buat dicoba di TC Timnas tahap 1 gelombang 2. Silahkan sampaikan profilnya ke Kami.,” bunyi pesan dari Indra Sjafri yang diteruskan Dirtek Asprov PSSI Gorontalo, Welly Podungge, Ahad (5/3/2023).

Sementara itu, seperti dilansir tatiye.id dari CNNIndonesia.com dan SuperBall.id, Indra yang ditunjuk PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia untuk SEA Games 2023 sedang menyusun skuad. Juru taktik 60 tahun itu punya waktu kurang dari tiga bulan untuk mempersiapkan tim yang utuh.

Salah satu upayanya Indra Sjafri adalah menggandeng klub Liga 2. Indra melakukan pertemuan virtual dengan pelatih dan manajer klub-klub Liga 2 pada Kamis (23/2).

“Virtual meeting dengan pelatih dan manajer klub Liga 2. Diskusi pembentukan Timnas SEA Games 2023 di Kamboja,” tulis Indra di Instagram.

Indra mengatakan dirinya ingin melihat potensi tim kasta kedua Liga Indonesia punya pemain yang mumpuni memperkuat Merah Putih di pentas Asia Tenggara. Pertemuan virtual menjadi langkah awal sebelum Indra menggelar pemusatan latihan.

“Karena Liga 2 terhenti, kami jadi tidak bisa memantau pemain Liga 2. Oleh sebab itu kami minta informasi dan diskusi tentang pemain Liga 2 yang berkualitas dan pantas dipanggil untuk dilihat di TC tahap pertama Timnas SEA Games,” kata Indra.

Sedangkan terkait perubahan aturan, pihak penyelenggara SEA Games 2023 telah mengumumkan aturan baru untuk cabang olahraga sepak bola putra. Adapun aturan baru yang akan diterapkan adalah mengenai usia partisipasi pemain dalam cabang tersebut.

Setiap tim peserta hanya diperbolehkan menggunakan pemain U-22 yang lahir pada 1 Januari 2001 dan setelahnya. Di samping itu, setiap tim juga hanya bisa menggunakan dua pemain senior yang berusia di atas 22 tahun. Ini berbeda dengan aturan yang diterapkan pada ajang SEA Games edisi sebelumnya di Hanoi, Vietnam.

Pada edisi 2021 lalu, Vietnam selaku tuan rumah menerapkan usia U-23+3 untuk sepak bola putra di SEA Games ke-31. Namun, aturan U-22+2 pada tahun ini serupa dengan edisi 2019 yang berlangsung di Manila, Filipina. Dengan aturan baru ini, pelatih Timnas Indonesia tentu harus memutar otak karena pilihan pemain kian terbatas. (*)

Exit mobile version