Aturan Baru Pencaksilat, Dedy Punu; Atlet Harus Lebih Cerdas dan Berani 

TATIYE.ID (SPORT) – Olahraga pencak silat terus mengalami perkembangan demi perkembangan, termasuk dari sisi peraturan dan tehknik bertanding. Pasalnya, untuk beradaptasi dengan aturan baru tersebut, pelatih pencaksilat PPLP Gorontalo, Dedy Punu terus menedukasi atletnya agar tidak kaget saat tampil dipertandingan resmi nasional.

“Ada beberapa perubahan aturan pertandingan di pencak silat, misalnya jika dulu tidak bisa ada gerakan menarik, sekarang sudah dibolehkan. Dan masih banyak lagi aturan-aturan baru yang perlu segera diadaptasikan semua atlet,” kata Dedy Punu, Sabtu (5/03/2022).

Namun tambah Dedy, kunci dari beberapa perubahan yang perlu dipahami seorang atlet pencaksilat sejatinya hanya ada dua. Pertama cerdas dan kedua berani. Cerdas artinya memahami segala bentuk perubahan aturan pertandingan dan paham bagaimana mencari cela menghindar dan menyerang.

“Yang kedua atlet harus punya keberanian dalam menerapkan apa yang dipahami selama ini. Artinya, yang sudah dipelajari selama latihan harus bisa diaktualisasikan saat bertanding, dan itu butuh keberanian,” ungkap Dedy.

Sehingganya, jelang Pra Popnas akhir tahun 2022 ini di Palu ia terus menggenjot persiapan atlet-atletnya agar bisa tampil maksimal di Sulteng nanti.

“Makanya dua hal tadi yakni keberanian dan kecerdasan atlet dalam menyerap ilmu selama latihan sangat saya tekankan. Karena nanti saat tanding semua akan dibutuhkan jika ingin meraih kesuksesan,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version