Atlet dan Pelatih PON Gorontalo Dibekali Wawasan Kebangsaan

TATIYE.ID (SPORT) – Atlet dari sembilan cabang olahraga (Cabor) yang akan berangkat mewakili Provinsi Gorontalo di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di hari kedua training center (TC) dibekali pembinaan mental idiologi yang berlangsung di Ball Room hotel New Regina, Selasa(03/08/2021).

Agenda pembinaan mental Ideologi tersebut menghadirkan sejumlah narasumber dari TNI dan Polri, diantaranya dari unsur POLDA Gorontolo. Analisis Kebijakan Muda Roops POLDA Gorontalo AKBP. Mahsat Torada mengatakan, wawasan kebangsaan merupakan sudut pandang suatu bangsa dalam memahami keberadaan jati diri dan lingkungannya, hal tersebut merupakan penjabaran dari falsafah bangsa sesuai dengan keadaan wilayah suatu negara dan bangsa.

Sehingganya, makna wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara penting untuk dipahami semua elemen masyarakat lebih khusus atlet khususnya yang masih berusia remaja sebagai penerus cita-cita pembangunan bangsa dan daerah.

“wawasan kebangsaan dan nilai bela negara memiliki nilai-nilai bela negara seperti cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan negara, Pancasila, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan bela negara khususnya untuk nilai-nilai Pancasila,” jelasnya.

“Hal penting juga yang harus menjadi perhatian, terkait perkembangan dunia teknologi dan komunikasi saat ini yang secara tidak langsung mempengaruhi pola fikir generasi emas, sehingga penguatan jiwa nasionalisme sangat penting dalam menangkal faham radikal,” tutupnya. (*)

Exit mobile version