BPJN Usulkan Penanganan Keseluruhan Atasi Genangan Air di Jalan Agus Salim

TATIYE.ID (GORONTALO) – Masalah genangan air yang sering kali terjadi di Jalan Agus Salim, Kota Gorontalo tak kunjung usai. Pasalnya, penyebab terjadinya genangan air bukan hanya akibat saluran yang tersumbat, perubahan struktur ruang juga menjadi salah satu penyebab. Hal itu yang disampaikan Istanto Ruchban, selaku Satker PPK 1.2 Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Gorontalo.

“Ini karena kurangnya kesadaran masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan, ditambah lagi samakin berkurangnya daerah resapan air di Kota Gorontalo akibat perubahan struktur ruang. Yang dulunya area persawahan sudah beralih fungsi menjadi bangunan,” ucap Istanto.

Bukan hanya itu, berdasarkan temuan BPJN dilapangan, bangunan pertokoan di sekitaran Jalan Agus Salim juga menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan air.

“Yang jadi permasalahan saat ini, ketika ada bangunan perbelanjaan baru, kadang pemilik usaha menutupi saluran air untuk dijadikan akses kendaraan tanpa dibuatkan bak kontrol saluran. makanya dititik-titik tertentu sering terjadi genangan air,” ungkapnya.

Istanto menyebut, penanganan Jalan Agus Salim sudah sangat mendesak untuk diusulkan ke Kementerian PUPR. Hanya saja usulan itu juga butuh dukungan seluruh pihak, baik itu Pemerintah Provinsi dan Kota maupun Anggota DPR RI Dapil Gorontalo.

“Kami dari BPJN Gorontalo telah mengusulkan penanganan agus salim secara keseluruhan untuk tahun 2021. Disitu kita akan benahi jalannya, drainase dan jalur pedestriannya. Dan InsyaAllah persoalan drainase tersebut akan terpecahkan ketika ini dilaksanakan,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version