Aplikasi SRIKANDI, Wujud Pemkot Gorontalo Tingkatkan Layanan SPBE

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) yang secara resmi diluncurkan sebagai aplikasi umum bidang kearsipan menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Gorontalo dalam meningkatkan layanan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Nah, untuk itu Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo menggelar bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), bagi pengelolaan/penaraan arsip pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo.

Seperti yang disampaikan Wali Kota Gorontalo dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bimtek SRIKANDI di Hotel Dumhil UNG, Rabu (23/11/2022), untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, diperlukan penyelenggara kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan, serta dibutuhkan sistem penyelenggara kearsipan yang handal, komprehensif dan terpadu.

“Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk instansi pemerintah sebagai bentuk peningkatan kualitas bidang kearsipan. Hal ini dikarenakan setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik, sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa. Dengan aplikasi ini, arsip yang tercipta dan dikelola dalam SPBE akan lebih optimal dalam melindungi kepentingan hak keperdataan rakyat,” ujar Wali Kota dua periode tersebut.

Tambahnya, aplikasi SRIKANDI memiliki beberapa fitur, pertama penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, pengiriman, dan penerimaan naskah dinas secara elektro antar instansi pemerintah. Dan kedua, terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk menjaganya agar tetap autentik, utuh, dan terpercaya. Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.

“Masyarakat luas juga bisa mendapatkan akses informasi terkait kearsipan dengan mudah dan cepat. Dengan demikian, dapat meningkatkan kinerja aparatur pemerintahan menjadi lebih optimal,” tambahnya. (*)

Exit mobile version