APDESI Pohuwato Gelar Bimtek Terkait Pelaksanaan Pembangunan dan Pemberdayaan Desa

TATIYE.ID (POHUWATO) – Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Pohuwato bersama Dinas PMD menggelar bimtek pedoman pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di era pemulihan ekonomi tahun 2022.

Berlangsung di hotel damhil Kota Gorontalo, bimtek tersebut di buka Bupati Saipul A. Mbuinga didampimgi Assisten Pemkesra, Arman Mohamad, Kadis PMD, Muzna Giasi dan Ketua Apdesi Pohuwato, Sirwan Mohi, Sabtu, (26/03/2022).

Dalam sambutannya, Saipul mengatakan jika peningkatan kapasitas bagi perangkat desa sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, keperibadian, tanggungjawab dan kemampuan managerial.

“Ini karena kepala dan aparat desa sebagai perangkat pemerintah terdepan dalam memberikan layanan prima bagi masyarakat, serta untuk membekali kemampuan, memahami sejumlah aturan dan regulasi yang berkenaan dengan penyelenggaraan pemerintah desa terutama pada aspek kemampuan pengelolaan keuangan desa,” ujar Saipul.

Lebih lanjut, Saipul juga menyentil persoalan anggaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dialokasikan ke 101 desa di Kabupaten Pohuwato dari tahun 2014 hingga tahun 2022 yang mencapai 1 Triliyun lebih.

“Anggaran itu terdiri dari komponen dana desa dari APBN, alokasi dana desa, bantuan keuangan khusus dan bagi hasil retribusi dan pajak dari APBD. Ini sebagai wujud implementasi azas rekognisi dan subsidaritas dan tugas kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat berupa kewenangan dalam penyelenggaran pemerintahan, pembangunan infrastruktur pembinaan dan pemberdayaan masyarakat,” terang Saipul.

“Sehingganya, kegiatan ini penting untuk dilaksanakan guna menghindarkan kita semua dari tindakan melanggar dan melawan hukum dalam menjalankan tugas. Ikuti dengan baik guna jalannya penyelenggaraan pemerintahan desa sebagaimana yang kita harapkan bersama,” pungkasnya.

Exit mobile version