Anas Jusuf Buka Workshop e-Monep Pemkab Boalemo TA 2022

TATIYE.ID (BOALEMO) – Bupati Boalemo, Anas Jusuf membuka Workshop e-Monep New Generation Elektronik Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan APBD Kabupaten Boalemo Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten II Setda Boalemo, Fatlina Podungge, Kabag Pembangunan Mizan Uwade, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Bahrun Musa, Para Staf Ahli Bupati dan peserta workshop staf entry masing-masing OPD di Hotel Grand Q kota Gorontalo, Selasa (22/02/2022).

Pada kesempatan itu, Anas menyampaikan bahwa aplikasi e-Monep merupakan salah satu sistem yang memonitoring dan mengevaluasi kinerja-kinerja seluruh program yang ada di Pemerintah Daerah.

“Tentunya workshop e-Monep yang dilaksanakan ini, untuk meningkatkan pemahaman terhadap pengimputan pelaporan realisasi anggaran bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Boalemo,” ujar Anas.

“Kegiatan seperti ini, dilaksanakan setiap tahun untuk mengingatkan kembali, sambil kita mempelajari hal-hal yang baru. Karena banyak sistem elektronik itu setiap saat bertambah dan berkembang terus. Elektronik ini merupakan sebuah keharusan untuk kita mengikuti setiap saat perkembangan-perkembangan yang ada,”ujar Anas lagi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan e-Monep juga untuk meningkatkan evaluasi dan pelaporan dan tentu sangat bermanfaat bagi seorang pemimpin, untuk mengetahui sejauh mana capaian realisasi program, antara perencanaan dengan realisasi yang selalu dimonitor oleh kita semua.

Aplikasi e-Monep ini juga selalu menjadi topik utama pembahasan di tingkat Provinsi yang dilaksanakan setiap triwulan.

“Alhamdulillah berkat teman-teman staf entry, e-Monep Kabupaten Boalemo tahun 2021 lalu mendapatkan urutan ke-2 tingkat Provinsi Gorontalo,” tuturnya.

Anas berharap kepada staf entry dari masing-masing OPD agar dapat mengimplementasikan ilmunya yang didapat selama mengikuti workshop untuk pengimputan realisasi anggaran, baik fisik maupun keuangan.

Sementara itu, Kabag Pembangungan Mizan Uwade dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya wokshop e-Monep adalah untuk meningkatkan kemampuan staf entry dalam mengimput realisasi anggaran fisik dan keuangan serta mendapatkan tenaga terampil dan siap pakai dalam upaya peningkatan kualitas SDM dalam pelaporan dan evaluasi pembangunan.

Exit mobile version