Anak-Anak di Pohuwato Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

TATIYE.ID (POHUWATO) – Di Pohuwato, antusias anak yang mengikuti vaksin terlihat saat launching vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun tingkat Kabupaten Pohuwato yang di buka oleh Bupati Saipul A.Mbuinga, di Lapangan Ormas Marisa, pada Sabtu (15/01/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga mengatakan, vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Pohuwato baru dilaksanakan hari ini, sementara untuk Kota Gorontalo dan Boalemo sudah dilaksanakan sejak minggu kemarin.

“Sebelum dilakukan vaksinasi Covid-19 ini, Kami sudah komunikasi dengan dua daerah tersebut dan alhamdulillah tidak ada yang cedera setelah divaksin. Untuk itu, di himbau kepada orang tua yang sudah melakukan vaksinasi dan tidak merasakan apa-apa, bisa memberikan pemahaman kepada anak-anak untuk dapat mengikuti vaksinasi Covid-19,” ujar Saipul Mbuinga.

Lebih lanjut, Bupati Saipul mengatakan jika selain orang tua, peran guru dalam memberikan edukasi kepada siswa-siswa tersebut terkait pentingnya vaksinasi Covid-19 juga sangat diharapkan.

“Peran guru dan orang tua penting, karena mereka setiap hari berhadapan dengan murid-murid di sekolah. Ini di maksudkan agar sasaran 15.300 orang anak usia 6-11 tahun ini dalam waktu dekat bisa terlaksana dengan baik,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Rusmiyati Pakaya menjelaskan bahwa launching vaksinasi untuk anak ini mengacu pada persyaratan Kemenkes, dimana sudah mencapai 70 persen vaksin dosis 1 untuk umum dan lebih dari 60 persen untuk lansia.

“Semua sudah terpenuhi, olehnya hari ini vaksinasi untuk total sebanyak 15.300 anak usia 6-11 tahun se-Kabupaten Pohuwato resmi diluncurkan serentak di 13 Kecamatan. Untuk Pohuwato dipusatkan di Lapangan Ormas Marisa dengan peserta dari 9 Sekolah SD di Kecamatan Marisa. Alhamdulillah hari ini masing-masing sekolah mengutus 50 anak, dan yang tervaksin hari ini 450 anak,” jelasnya.

“Ada 98 % orangtua yang menerima dan bersedia anaknya divaksinasi Covid-19. Insyaallah tidak ada yang terjadi setelah vaksin ini, karena kita tahu bersama bahwa tujuan pemerintah ini sangat baik untuk mencapai kesehatan masyarakat,” pungkasnya.

Exit mobile version