Aktifitas Latihan Kembali Normal, Tes Fisik Rencana Akhir Mei 2021

TATIYE.ID (SPORT) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Gorontalo terus melakukan persiapan jelang PON XX Papua tahun 2021 ini, di antaranya melakukan pengecekan rutin kondisi fisik atlet selama Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) jangka panjang non kampus yang selama ini dilakukan.

Rencananya usai lebaran ketupat atlet-atlet provinsi ini akan kembali menjalani tes fisik untuk 9 cabang olahraga yang lolos ke PON XX Papua, 2021.

Bidang Tes dan Evaluasi Teknis Tim sukses PON Kontingen Provinsi Gorontalo, DR. Ucok Hasian Rafiater, M.Pd menjelaskan, tujuan umum dari tes tersebut adalah untuk mengetahui kesiapan dan kondisi para atlet selama menjalani Pelatda guna menghadapi PON. Sedangkan tujuan khususnya adalah mengecek ulang hasil latihan mandiri para atlet selama masa pandemi Covid-19.

“Tes ini kembali kita lakukan tentu saja untuk mengetahui sejauh mana kesiapan atlet kita menghadapi PON nanti. Dan tentu juga ada sedikit perbedaan dalam menyiapkan atlet pada PON XX ini dibanding PON sebelumnya yang terselenggara dalam situasi normal. Adanya pendemi Covid-19 ini membuat program latihan tidak bisa berjalan sesuai rancangan,” kata Ucok, Selasa (18/05/2021).

Tujuan lainnya tambah Ucok untuk menggelorakan semangat atlet selama melaksanakan Pelatda. Menurut dosen FOK UNG yang belum lama ini menyandang gelar Doktor itu, dengan tes fisik ini serta hadirnya para pengurus KONI yang bertugas sebagai Tim Sukses (Timses), menjadikan atlet merasa diperhatikan.

“Suasananya beda yang biasa latihan hanya ditunggui pelatih atau manajer tim, dengan tes fisik ini para atlet akan merasakan suasana berbeda dengan diperhatikan oleh pengurus KONI atau Timses yang hadir,” tambahnya. (*)

Exit mobile version