Akibat Hujan Deras, 2 Desa di Bonebol Terendam Banjir

TATIYE.ID (BONEBOL) – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Bone Bolango, mengakibatkan dua desa terendam banjir, Kamis (17/03/2022)

Dua desa tersebut diantaranya Desa Libungo, Kecamatan Suwawa Selatan, dan Desa Timbuolo, Kecamatan Botupingge.

Sebanyak 17 Kepala Keluarga (KK) dengan 46 Jiwa, di Desa Libungo dan 18 KK dengan 46 Jiwa, di Desa Timbuolo merasakan dampak tersebut.

Tak hanya itu saja, masyarakat yang akan menuju Desa Bulondala dan Libungo terhenti di Desa Molintogupo, Suwawa Selatan.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou meminta agar seluruh pihak bersiaga sembari berdoa, agar Provinsi Gorontalo, khususnya Bonebol dijauhkan dari segala macam bencana.

“Mari bersiaga. Semoga Provinsi Gorontalo, khususnya Bonebol dijauhkan dari segala macam bencana. Utamakan keselamatan bersama” katanya.

Ia berharap, SKPD teknis di bawah kendali Asisten I Setda Bonebol untuk bisa memastikan tidak ada warga yang jadi korban banjir dan luapan sungai, baik sungai Bone maupun sungai Bolango.

Sementara itu, Asisten I Setda Bonebol, Aznan Nadjamudin mengatakan, saat ini masyarakat membutuhkan makanan siap saji. Sebab dapur rumah warga belum bisa digunakan lantaran tergenang air.

“Jika bisa, Tim BPBD menyediakan makanan siap saji. Karena dapur mereka belum bisa digunakan karena masih tergenang air” ujarnya.

Sementara itu, kondisi debit air di Bendungan Alale masih terpantau normal, meskipun hujan masih terus mengguyur beberapa wilayah di Bonebol.

Tim BPBD Bone Bolango, Tagana, Dinas Sosial dan TNI/Polri, sudah diterjunkan untuk mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir. (**)

Exit mobile version