Abdullah Diko Bersama Distan Pohuwato Inisiasi Kerjasama dengan Polbangtan Gowa

TATIYE.ID (POHUWATO) – Wakil Ketua Komisi II DPRD Pohuwato, Abdullah Diko bersama Kepala Dinas Pertanian, Kamri Alwi melakukan kunjungan kerja ke Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, Sulawesi Selatan. Sabtu (09/10/2021).

Agenda kunjungan kerja tersebut untuk membangun komunikasi awal kemungkinan menjalin kerja sama Polbangtan Gowa dengan Pemerintah Daerah Pohuwato sebagai upaya peningkatan sumberdaya manusia disektor Pertanian Peternakan.

Wakil Direktur 1 Polbangtan, Dr. Ir. Kartika Ekasari Z, M.Si yang hadir saat itu menyambut baik rencana kerjasama tersebut, disampaikan bahwa Polbangtan memiliki 7 Provinsi wilayah kerja dalam Sulawesi termasuk Gorontalo.

“Polbangtan merupakan Institusi dibawah Kementrian pertanian yang memiliki tugas menyiapkan sumberdaya manusia pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing untuk mewujutkan kedaulatan pangan dan kesejahtraan petani,” ujar Wadir Polbangtan.

“Sebagai lembaga pendidikan dengan porporsi 30% teori dan 70% Praktek, Polbangtan memilik 4 program studi unggulan yaitu : penyuluh pertanian dan peternakan DIV dan budidaya hortikultura dan budidaya ternak D III. Dan semua mahasiswa/i di Polbangtan tidak dipungut biaya atau memperoleh Beasiswa full yang ditanggung Kementrian Pertanian RI,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Dr. Ir. Kartika juga menerangkan jika Polbangtan juga memiliki program kerjasama dibidang riset/penelitian dan pemberdayaan petani pendampingan pengembangan pertanian didaerah yang membutuhkan.

“Jalur kerjasama nantinya akan memasitkan Pemda Pohuwato akan peroleh kuota Mahsiswa/i melanjutkan studi di Polbangtan Gowa,” jelasnya.

Sementara itu, Abdullah Diko yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Pohuwato tersebut berharap agar inisisasi kerjasama ini akan segera diteindaklanjuti Pemerintah Daerah Pohuwato.

“Peningkatan SMD di sektor pertanian merupakan bagian penting upaya pembangunan pertanian berkelanjutan di daerah Kabupaten Pohuwato,” terang Diko.

“Saya sudah menyampaikan hal ini kepada Buapti Pohuwato, beliau sangat mendukung dan bersedia menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Polbangtan Gowa dalam waktu dekat ini,” pungkasnya.

Exit mobile version