90 Pelaku Usaha se Gorontalo Ikuti Workshop Perizinan Sistem OSS

TATIYE.ID (GORONTALO) – Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Provinsi Gorontalo, Danial Ibrahim, buka kegiatan Workshop Pemenuhan Persyaratan/Komitmen Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Melalui Sistem Online Single Submission (OSS), bagi pelaku usaha sektor energi dan ketenagalistrikan Dan sektor perindustrian di Gorontalo. Acara ini digelar dua hari berturut-turut sejak, Senin hingga Selasa (30-31/10/2023) di Hotel Grand Q Kota Gorontalo.

“Saya menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan workshop ini, karena ini adalah sebagai wujud perhatian pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal ini pelaku usaha untuk memperoleh legalitas atas kegiatan usahanya.
,” jelas Danial.

Tujuan diselenggarakannya workshop ini kata Danial, antara lain dalam rangka memfasilitasi pelaku usaha yang telah mengajukan permohonan dalam sistem OSS sejak lounching OSS-RBA pada agustus 2021 sampai dengan Oktober 2023, tetapi tidak dilanjutkan karena belum memenuhi persyaratan/komitmen sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta sebagai wadah komunikasi kan konsultasi antara pemerintah dan masyarakat.

Khusus untuk sektor energi dan ketenagalistrikan kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam memenuhi persyaratan perizinan berusaha adalah teknis perolehan sertifikat badan usaha (SBU) Jasa Penunjang Tenaga Listrik Dan Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Instalasi Listrik.

Sedangkan Untuk Sektor Perindustrian kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha adalah tidak memiliki surat keterangan di luar kawasan industri yang perolehannya dari aplikasi Sistim Informasi Industri Nasional (SIInas) Kementerian Perindustrian RI.

Sehingga di kegiatan ini dihadirkan narasumber dari OPD Teknis Yang Membidangi Urusan Energi Ketenagalistrikan (Inspektur Ketenagalistrikan), Dinas Koperindang Dan UMKM Provinsi Gorontalo Dan Helpdesk OSS yang memfasilitasi dan membantu Peserta Workshops sebanyak 90 orang. (***)

Exit mobile version