80 Peserta PBK Terima Materi dari Fory Naway

TATIYE.ID (KABGOR) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo, Fory Armin Naway menjadi pemateri dalam Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan yang diikuti 80 peserta itu, dilakukan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pekerja terlebih untuk para putra putri daerah.

“Dampaknya sangat besar karena setelah mengikuti pelatihan para peserta beroleh ilmu pengetahuan dan keterampilan yang menjadi bekal mampuni untuk siap terjun ke dunia kerja,” kata Fory, Sabtu (04/11/2023).

Fory juga mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi ini sudah pernah menyasar kepada para transgender khususnya pengembangan usaha salon tata rias. Selain itu, pelatihan bagi pemandu wisata dan usaha taylor, PKK Kabupaten Gorontalo pernah bekerjasama dengan pemerintah daerah memberikan bantuan stimulan alat dan prasarana salon tersebut melalui dinas terkait.

“Untuk itu, perlu adanya peningkatan kompetensi dan produktivitas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan terutama menekan angka penganguran. Kita harus meningkatkan kompetensi dan produktivitas agar memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, para peserta siap terjun ke dunia kerja,” harap Fory.

Fory menambahkan, begitu banyak bantuan untuk pemenuhan kebutuhan warga, misalnya, bantuan sosial, bantuan cadangan pangan dan sebagai namun yang lebih banyak memberikan manfaat adalah pelatihan seperti ini.

“Pelatihan kompetensi sebagai upaya peningkatan SDM dan ketika turun ke dunia kerja para alumni bisa mengembangkan dirinya penopang perekonomian untuk terwujudnya ketahanan keluarga, selamat kepada para peserta karena ini bermantaat untuk diri sendiri dan keluarga lebih besar dalam peningkatan perekonomian,” tandasnya.

Exit mobile version