2.191 KK Dari 36 Desa di Gorut Dapat Bantuan Ternak Ayam Kampung

TATIYE CHANNEL (GORUT) – Upaya Pemerintah daerah dalam menekan angka pengangguran dan Kemiskinan di daerah salah satunya dengan memberdayakan Sektor bidang Peternakan bagi masyarakat kurang mampu. Hal ini dibuktikan dengan adanya bantuan Program  Rumah Tangga Miskin Peternakan (PRTMP) dari Kementerian pertanian Melalui balai Peternakan RI.

 Bupati Gorontalo Utara DR. Hi. Indra Yasin,SH,MH, Rabu (10/7) kemarin menerima kunjungan Tim Dari kementerian Pertanian dan peternakan di ruang kerja Bupati Gorut.

 Dalam pertemuan tersebut, terungkap Pemkab Gorut dipercaya untuk menerima bantuan PRTMP yakni Ternak Ayam Kampung dari pihak kementerian. Hal ini sesuai dengan penilaian tim bahwa daerah Gorut sangat potensial untuk dikembangkan program ternak khusus Ayam. 

“Ya, saya sangat apresiasi atas bantuan dari Kementerian Pertanian melalui balai Peternakan yang mana kita dapat bantuan dari kementerian berupa pemeliharaan ayam ternak yang dialokasikan baru di 3 kecamatan yakni kecamatan Gentuma Raya, Kwandang dan anggrek”,ungkap Bupati Indra Yasin saat di wawancarai. 

Bupati menambahkan ada sekitar 2.000 lebih Kepala Keluarga (KK) yang akan mendapatkan Bantuan tersebut, dan setiap KK ada sebanyak 50 ekor Ayam kampung beserta bantuan obat-obatan dan perawatan ternak.

 “Tentu ini merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat Gorut khususnya masyarakat yang kita nilai sangat membutuhkan bantuan. Saya berharap dengan bantuan ini maayarakat peternak yang berpenghasilan rendah dapat memelihara ayam tersebut dengan baik guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat pada umumnya. Bagi masyarakat yang nantinya akan menerima Bantuan dihimbau agar sudah menyiapkan kandang bagi ayam tersebut nantinya. Jika bantuan ini berhasil, maka pemkab akan kembali melobi bantuan tersebut lebih banyak lagi, dan ini harapan kita bersama,” pungkas Bupati dua periode ini. 

Sebagaimana informasi dari tim Kementerian Peternakan Pusat bahwa selain bantuan berupa Ayam kampung, bantuan pakan 150, kadang dan sebagainya juga diediakan Obat-obatan perawatan ayam dan nntinya akan ada pendamping teknis dalam hal pemeliharaan ayam bantuan tersebut. Pihak Dinas peternakan sendiri akan melakukan pengawasan bantuan tersebut yang tersebar di 36 desa, 2.191 Rumah tangga Miskin peternak. (*)

Exit mobile version